Wisata Pantai Pink di Pulau Komodo

Pink Beach Indonesia merupakan salah satu nama pantai yang terkenal di seluruh dunia, dan pantai ini terletak di beberapa lokasi dengan nama yang sama. Di manakah lokasi Pantai Pink di seluruh dunia? Berikut sedikit pengetahuan tentang lokasi Pantai Pink. Ada di Harbour Island, Bahamas - Bermuda - Santa Cruz Island - Sardinia, Italy - Bonaire, Dutch Caribbean Island - the Philippines - Balos Lagoon, Crete, Yunani - Pulau Komodo, Indonesia.


Nah kali ini kita akan membahas Pantai Pink yang ada di Indonesia. Pantai Pink Indonesia terletak di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Mirip dengan Pink Beach di daerah lain, pantai di Indonesia ini dinamakan Pink Beach karena saking indahnya dengan warna pink. Mengapa? Pasalnya, warna pasir yang mendominasi sebagian besar berasal dari cangkang dan biota laut yang hidup di sana.

Kawasan Taman Nasional Komodo bukan hanya menjadi lokasi Pantai Pink Indonesia saja, namun tempat ini memiliki daya tarik alam yang indah juga merupakan tempat perlindungan makhluk raksasa dan purba yang hanya terdapat di Indonesia yaitu Komodo Dragon. Taman Nasional Komodo telah dinobatkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang taman nasional ini, silakan baca artikel Capture Indonesia yang telah diterbitkan di Taman 


Nasional Komodo.

Selain suasana pantai yang unik dan indah, kehidupan bawah laut di Pink Beach juga menyimpan keindahan dan kekayaan minat untuk menyelam. Taman laut Pink Beach merupakan istana bagi berbagai jenis ikan, ratusan spesies karang, dan berbagai jenis biota laut lainnya. Oleh karena itu, snorkeling atau diving menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di pulau ini.


Bagaimana menuju ke sana?

Ada beberapa cara untuk menuju pantai cantik ini, yang pertama anda harus berada di kawasan Indonesia. Cara terbaik dan cepat untuk menuju lokasi ini adalah dari Labuan Bajo. Lihat detail selengkapnya di bawah


Dari Labuan Bajo ke Pantai Pink

Dari Labuan Bajo, Anda bisa menaiki kapal penumpang yang datang bersama wisatawan dan merapat ke Pulau Komodo sekitar 500 meter dari bibir pantai. Di Labuan Bajo terdapat dermaga yaitu Loh Buaya, dan dari Loh Buaya di Pulau Rinca membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk mencapai Loh Liang. Di pulau-pulau tersebut, Anda dapat melihat Komodo secara langsung di habitat aslinya dengan memilih jalur trekking tertentu.

Dari Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan perahu untuk menginjakkan kaki di Pink Beach, pantai pasir yang indah ini. Jika tertarik trekking melalui tebing dan hutan bakau, dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam berjalan kaki sebelum akhirnya sampai di Pink Beach.

Dari sana, Anda bisa langsung terjun ke air dan berenang ke bibir pantai. Kenapa begitu? Hal tersebut dilakukan karena terumbu karang di bawah laut tidak dirusak oleh kapal. Oleh karena itu untuk menuju Pink Beach wisatawan bisa mencapainya dengan berenang atau naik perahu kecil. Anda bisa menyewa perahu hanya dengan Rp 20.000 dari nelayan lokal.


Hal Terbaik untuk Dilakukan di Pantai Pink

Di sini wisatawan bisa berjalan-jalan di pasir sambil menikmati keindahan panorama unik ini. Tak hanya di darat, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu dengan snorkeling. Menikmati keindahan bawah laut memang menyenangkan. Susunan terumbu karang yang sangat alami dan ikan-ikan kecil menari yang fantastis. Pesona Pink Beach Indonesia sangat cocok saat pasir berkilauan di bawah terik matahari. Dari laut berwarna biru cerah, seperti lapisan transparan yang memperlihatkan keindahan bawah laut.



Relaksasi di pantai warna pink

Pink Beach yang tak berpenghuni membuat garis pantainya tetap terjaga. Di pantai ini terdapat sebuah bukit yang memanjang dari ujung pantai hingga ujung lainnya untuk menambah keindahan pantai ini. Berada di pantai yang indah, tenang dan mempesona merupakan tempat yang ideal untuk relaksasi.


Snorkeling dan menyelam

Warna tosca dari air laut yang sangat jernih jangan sampai terlewatkan. Selain itu, terumbu karang di laut bisa dilihat dengan mata. Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang wajib dilakukan di sini mengingat kondisi taman bawah laut yang masih terjaga dan keanekaragaman hayati yang beraneka warna dari ribuan spesies ikan, ratusan terumbu karang dan lain-lain.


Berbaring di pantai

Selain snorkeling dan diving, di pantai ini juga tempat yang bagus untuk berjemur di pasir lembut dan pantai yang indah. Dalam menyaksikan keindahan pantai yang diberikan jangan lupa untuk diabadikan. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga terkenal sangat fantastis.


Akomodasi di dekat Pantai Pink

Seperti yang sudah kita ketahui, Pantai Pink merupakan pantai yang tidak berpenghuni dan berada di daerah yang relatif terpencil, untuk akomodasi bisa didapatkan di Labuan Bajo. Jika Anda ingin menginap di Kampung Komodo, Anda bisa bertanya kepada warga atau pemandu Anda. Homestay merupakan pilihan terbaik karena penghuni rumah biasanya tersedia untuk Anda sewa namun tentunya dengan fasilitas yang sederhana. Tidak banyak pilihan menu makanan di warung kampung.

Di Labuan Bajo juga terdapat liveaboards yang bisa disewa oleh wisatawan atau penyelam. Kapal ini juga bisa difungsikan sebagai tempat menginap sekaligus menelusuri pesona pulau-pulau di sekitar Taman Nasional Komodo dan Pulau Flores.