Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta merupakan salah satu destinasi populer yang banyak diminati para pecinta travelling, baik domestik maupun mancanegara. Candi Prambanan merupakan aset budaya lokal yang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Yogyakarta.

Sebagai situs cagar budaya nusantara, Candi Prambanan Yogyakarta memiliki keunikan nilai-nilai budaya jaman kekaisaran. Inilah salah satu tempat wisata di Yogyakarta terbaik sehingga wisatawan domestik maupun mancanegara datang berkunjung ke salah satu candi terkenal di Asia Tenggara. Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terbaik di Indonesia.




Dimana Candi Prambanan? Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta terletak di lokasi yang unik yaitu di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Secara administratif berada tepat di antara Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta dan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Candi ini terletak di Desa Bokoharjo, Sleman, sedangkan akses menuju kompleks candi terletak di Desa Tlogo, Klaten. Secara umum Candi Prambanan lebih terkenal di wilayah Yogyakarta.

Dari bentuk bangunannya, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Hal ini dapat ditelusuri melalui arsitektur bangunan yang ramping dan menjulang tinggi, khas arsitektur Hindu.

Terdapat Candi Siwa sebagai candi induk dengan ketinggian lebih dari 47 meter dan terletak tepat di tengah-tengah gugusan candi kecil lainnya. Oleh UNESCO, Candi Prambanan ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 1991.

Untuk masuk, Anda harus membayar tiket masuk Candi Prambanan sebesar Rp 30.000 per orang (dewasa, wisatawan domestik) atau USD 18 (dewasa, turis asing). Sedangkan untuk anak-anak tiket masuknya hanya Rp 13.000.

Sejarah Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan - Candi Prambanan Yogyakarta adalah candi Hindu paling megah dalam sejarah Jawa Kuno. Konon Candi Hindu ini dibangun sebagai saingan candi Budha (Candi Borobudur) yang letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan.

Dari penelitian para ahli sejarah, candi yang diagungkan oleh umat Hindu ini memulai era penguasa House of Sanjaya di tanah Jawa.

Teori ini berkembang berdasarkan perbedaan saudara kembar Rumah Sanjaya yang menganut agama Hindu dan Budha Shaytendara. Secara umum masyarakat Jawa relatif kurang mengetahui tentang sejarah Candi Prambanan Yogyakarta meskipun situs ini sudah lama ditemukan.

Beberapa cerita sejarah tentang objek wisata candi di Yogyakarta kurang banyak diketahui, misalnya dari kerajaan apa dan siapa raja yang membangun bangunan candi yang megah ini. Dari sisi khayalan, kemudian tercipta legenda atau mitos yang menggambarkan berdirinya berdirinya Candi Prambanan Yogyakarta.

Bagaimana kisah seorang raja raksasa, ribuan candi yang dibangun dengan bantuan makhluk halus yang hanya selesai dalam satu malam, dan putri cantik yang dikutuk menjadi patung? Legenda tersebut kemudian terkenal dengan kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.


Balai Pertunjukan Candi Trimurti

Sebagai sebuah situs purbakala yang keberadaannya diakui secara internasional, Candi Prambanan Yogyakarta memiliki banyak ciri khas. Salah satunya adalah pembangunan kompleks pementasan yang terletak di seberang Sungai Opak yang berfungsi sebagai gedung pertunjukan Trimurti untuk pentas sendratari Ramayana yang diadakan secara rutin.

Di tempat ini anda bisa menyaksikan pertunjukan tari yang jika dianggap serius bukan sekedar tarian biasa melainkan melambangkan kisah berdirinya Candi Prambanan itu sendiri. Teater Candi Trimurti terletak di tepi barat Sungai Opak, tepat di seberang candi, dan menjadikannya memiliki setting Candi Prambanan yang indah dalam pancaran cahaya.

Namun perlu anda ketahui bahwa panggung terbuka Candi Trimurti hanya digunakan pada saat musim kemarau saja, sedangkan pada musim hujan pertunjukan dialihkan ke panggung tertutup.


Pertunjukan Wayang Balet Prambanan Ramayana

Sendratari Ramayana Prambanan merupakan pertunjukan wayang golek yang didominasi oleh konsep tari. Ide tarian ini merupakan tradisi keraton Jawa yang sudah berusia ratusan tahun.

Bagi Anda pecinta tradisi dan budaya Jawa, pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan ini menjadi suguhan yang menyenangkan saat berwisata di Jogjakarta. Pertunjukan yang biasanya digelar saat bulan purnama, mulai rutin dipentaskan di gedung Trimurti sejak 1960 silam.

Tahukah Anda bahwa Candi Prambanan Yogyakarta pernah mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 1990? Sejak saat itu candi bersejarah ini berfungsi kembali sebagai pusat peribadahan umat Hindu di pulau Jawa.

Kebangkitan nilai-nilai agama di Prambanan sendiri ditandai dengan banyaknya masyarakat lokal yang menganut ajaran Hindu yang kemudian diimbangi dengan kehadiran pendatang dari Bali dan pulau-pulau terluar lainnya di Jawa.

Mereka menetap atau sengaja datang ke Prambanan untuk menggelar upacara keagamaan di hari besar, seperti Galungan, Nyepi, atau Tawur Kasanga. Perlu diketahui, Candi Prambanan digabung menjadi satu kesatuan dari sekitar 240 jenis candi, yaitu 3 Candi Trimurti, 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok, dan 224 Candi Perwara.

Bagaimana menuju ke Candi Prambanan

Jika Anda sudah berada di daerah Yogyakarta atau Jawa Tengah, tidak sulit jika ingin datang ke Candi Prambanan Yogyakarta. Jika ingin menggunakan kendaraan umum untuk sampai di kawasan Candi Prambanan, kamu bisa naik bus Trans Jogja 1A dari Malioboro Yogyakarta. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam.