10 Pulau Terindah Dekat Bali

Bali, atau dikenal sebagai Pulau Dewata, merupakan destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Menggabungkan sejarah yang luar biasa dengan budaya spiritual yang eksotis, Bali menawarkan sesuatu untuk semua orang. Yang terbaik dari semuanya, pulau ini benar-benar indah, menawarkan segalanya mulai dari hutan hijau subur hingga pegunungan hingga pantai pasir putih. Meskipun Bali adalah tujuan daftar ember bagi banyak orang, jangan lupa tentang banyak pulau di dekat Bali yang sama menarik dan indahnya.

10. Pulau Moyo


Sekitar 280 km (170 mil) dari Bali adalah Pulau Moyo, yang terletak tepat di utara pulau yang disebut Sumbawa. Pulau Moyo relatif terpencil dan sebagian besar belum berkembang, kecuali satu resor mewah. Hasilnya, Pulau Moyo adalah lambang pelarian mewah bagi mereka yang ingin melihat sisi Indonesia yang tidak terlalu ramai dan lebih alami, tetapi juga ingin memanfaatkan fasilitas kelas atas. Sebagian besar pulau ini termasuk dalam Taman Berburu Pulau Moyo, di mana tidak ada bangunan dan banyak satwa liar. Seluruh garis pantai pulau ini merupakan kawasan konservasi laut, sehingga ideal bagi mereka yang menikmati scuba diving atau snorkeling.


9. Nusa Ceningan


Salah satu pulau yang berada tepat di selatan Bali disebut Nusa Ceningan. Dapat diakses oleh jembatan dari dua pulau yang berdekatan, Nusa Ceningan kecil tetapi sangat layak untuk dikunjungi. Banyak penduduk lokal yang terlibat dalam budidaya rumput laut, dan Anda pasti ingin melihat mereka memanen rumput laut saat berada di sana. Jika Anda menginginkan pemandangan menakjubkan, pergilah ke Blue Lagoon untuk tujuan fotografi terbaik. Bagi mereka yang mencari adrenalin, Mahana Point adalah tempat yang wajib dikunjungi. Sebuah bar di puncak menawarkan pemandangan yang luar biasa, dan banyak pengunjung melompat dari tebing ke air yang dalam dan jernih di bawahnya.


8. Jawa


Pulau besar di sebelah barat Bali disebut Jawa, dan di sanalah Anda akan menemukan kota-kota besar seperti Jakarta. Jika Anda ingin merasakan kekayaan sejarah dan warisan budaya Indonesia, Jawa adalah tempat yang tak terlupakan. Banyak tur berpemandu dari Bali dapat membantu Anda mencapai sorotan Jawa hanya dalam satu atau dua hari, mengurus logistik di sepanjang jalan. Anda dapat menjelajahi candi Hindu dan Budha kuno seperti Borobudur atau mengunjungi bangunan menakjubkan seperti Istana Sultan, tempat kedudukan keluarga kerajaan Indonesia. Gunung berapi, candi, dan pantai hanyalah beberapa atraksi menarik yang ditawarkan Jawa.


7. Pulau Komodo


Bali Barat adalah Pulau Komodo. Seperti yang mungkin Anda antisipasi berdasarkan namanya, Pulau Komodo adalah rumah bagi banyak komodo, kadal terbesar di dunia. Sebagian besar pulau merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo yang juga mencakup pulau Rinca dan Padar, menciptakan pelestarian bagi satwa liar setempat dan habitatnya. Anda dapat mencapai Pulau Komodo melalui kapal feri, dan banyak pengunjung datang dengan tur berpemandu dari Lombok meskipun tur dari Bali juga memungkinkan. Meskipun hewan-hewan di pulau-pulau tersebut sangat menarik, laut di sekitarnya juga sangat populer untuk scuba diving. Khususnya, terumbu karang di lepas pantai Pulau Komodo menampung hiu dan bahkan pari manta.


6. Nusa Penida


Pulau terbesar Nusa di lepas pantai selatan Bali adalah Nusa Penida. Feri harian dan speed boat pribadi membawa Anda dari Bali ke Nusa Penida, dan sebagian besar pengunjung datang ke pantai terpencil dan suasana yang kurang turis dibandingkan kebanyakan Bali. Crystal Bay menawarkan pasir putih bersih, air jernih dan snorkeling yang luar biasa, menjadikannya salah satu pantai tersibuk di Nusa Penida. Jika Anda mencari tempat yang lebih terpencil, rencanakan jalan-jalan ke gua batu kapur Goa Giri Putri atau amati burung di Hutan Tembeling yang rimbun. Seperti halnya banyak kasus di Indonesia, peluang scuba diving berlimpah.


5. Nusa Lembongan

Pulau Nusa ketiga di dekat Bali adalah Nusa Lembongan, destinasi yang dengan cepat mendapatkan reputasi pemandangan yang menakjubkan tanpa banyak infrastruktur pariwisata. Jungut Batu adalah pantai yang lebih sibuk, favorit para peselancar dan wisatawan hemat. Lebih banyak privasi dapat ditemukan di selatan pulau di tempat-tempat seperti Devil's Tear, di mana tebing rendah memberikan pemandangan spektakuler di atas air. Selain pantai yang melimpah, Nusa Lembongan adalah rumah bagi pertanian rumput laut, hutan bakau, dan Pura Hindu Puncak Sari yang mengesankan.


4. Gili Air

Tak jauh dari pantai Lombok adalah kumpulan pulau yang dikenal bersama sebagai Kepulauan Gili. Salah satunya adalah Gili Air, pulau yang paling dekat dengan Lombok. Gili Air memiliki reputasi sebagai Gili yang paling santai, dan merupakan kiblat untuk aktivitas luar ruangan. Scuba diving, snorkeling, dan freediving semuanya populer di lepas pantai, dan kehidupan bawah laut yang kaya serta terumbu karang yang indah memberi Anda banyak hal untuk dilihat. Kuliner lokal berputar di sekitar makanan laut panggang segar, dan meskipun kehidupan malam minim, selalu ada bar terbuka dan musik live untuk dinikmati.


3. Gili Meno


Gili Meno adalah pulau tengah di Gili, dan dikenal sebagai tempat paling romantis di Indonesia. Alhasil, seringkali pasangan yang datang ke Gili Meno menjadi destinasi bulan madu yang prima. Selain koktail saat matahari terbenam dan jalan-jalan romantis di pantai, Gili Meno sangat ideal untuk pecinta hewan. Taman Burung adalah kandang burung yang fantastis, dan di Penangkaran Penyu Gili Meno Anda dapat menyaksikan penyu dan anak-anaknya dengan selamat sampai ke pantai. Ada beberapa tempat di sekitar pulau di mana Anda dapat mengikuti kelas sertifikasi PADI untuk memulai scuba diving, atau Anda dapat memilih untuk menyewa peralatan snorkeling langsung dari vendor tepi pantai.


2. Gili Trawangan

Jika Gili Meno untuk romantisme dan Gili Air untuk pelancong pemberani, maka Gili Trawangan adalah untuk pecinta kehidupan malam yang mencari pesta yang menyenangkan. Trawangan adalah yang terbesar dan terpopuler di Kepulauan Gili, dan selalu ada sesuatu yang terjadi di sana, siang atau malam! Pada siang hari, Anda dapat mengikuti kelas yoga atau mencoba scuba diving, atau Anda dapat memilih pelajaran selancar dan tur perahu. Namun, saat matahari terbenam, pulau itu benar-benar menjadi hidup dan semua orang mulai melepaskan diri. Banyak bar dan klub mengadakan malam pesta, memastikan selalu ada sesuatu yang berlangsung hingga fajar.


1. Lombok

Lombok adalah pulau besar di sebelah timur Bali, dan merupakan tempat yang beragam dan indah untuk dijelajahi saat liburan. Di selatan pulau, Anda akan menemukan kota pantai Kuta, tempat para peselancar berkumpul. Hampir satu dunia dari kota pantai dengan nama yang sama di Bali, Kuta menawarkan pantai yang spektakuler dan suasana santai. Di Lombok Utara, bagian pulau yang jarang dikunjungi, Anda dapat mendaki ke puncak Gunung Rinjani, mengagumi beberapa dari banyak air terjun di daerah tersebut atau naik kapal feri melintasi Kepulauan Gili. Untuk suasana perkotaan yang lebih sibuk, pergilah ke Mataram, kota terbesar di pulau itu. Di Mataram, Anda dapat mengunjungi istana abad ke-18 di Taman Mayura atau memulai petualangan kuliner kaki lima dengan berjalan-jalan di sepanjang Jalan Udayana.